PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA MATERI TATA NAMA SENYAWA PADA SISWA KELAS X MAN 2 MODEL MATARAM

Main Author: AFWANDANA, LALU SAGIT
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3704/1/LALU%20SAGIT%20AFWANDANA%28E1M013024%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3704/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap prestasi belajar kimia materi tata nama senyawa pada siswa kelas X MAN 2 Model Mataram. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Mataram. Sampel yang diambil adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran make a match untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol. Variabel terikatnya adalah prestasi belajar kimia siswa dalam ranah kognitif. Pengukuran prestasi belajar kimia siswa menggunakan tes berupa pilihan ganda. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji gain t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis satu pihak (pihak kanan). Uji gain t digunakan untuk menganalisis data prestasi belajar kimia siswa dan didapatkan thitung (13,36) > ttabel (1,67). Data rata-rata dan ketuntasan klasikal menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih besar yakni 75,95 dan 60% dibandingkan kelas kontrol yakni hanya 69,76 dan 23%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan model konvensional terhadap prestasi belajar kimia materi tata nama senyawa pada siswa kelas X MAN 2 Model Mataram.