THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017

Main Author: APRILIANA, FITRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3663/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3663/
ctrlnum 3663
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/3663/</relation><title>THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN&#xD; TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT&#xD; THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK&#xD; SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017</title><creator>APRILIANA, FITRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini berjudul keefektifan daftar kelompok label dalam pengajaran&#xD; kosakata: penelitian percobaan di siswa kelas dua SMPN 1 Lopok Sumbawa di&#xD; tahun akademik 2016/2017 bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan daftar&#xD; kelompok label dalam penguasaan perbendaharaan kata di tingkat sekolah&#xD; menengah pertama.Penelitian ini dilaksanakan karena biasanya pengajaran&#xD; kosakata dilakukan melalui cara membuka kamus atau mendikte. Dalam kegiatan&#xD; penelitian, model yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berlokasi di&#xD; SMPN 1 Lopok.Target populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII&#xD; yang terdiri dari 138 siswa, sementara contoh dari populasi adalahkelas dan yang&#xD; terdiri dari masing-masing 26 siswa yang dipilih sebagai kelompok eksperimental&#xD; dan control melalui tekhnik acak karena tidak adanya kelas yang special. Untuk&#xD; mendapatkan hasil penelitian, &#x201C;pre test&#x201D; dan &#x201C;post test&#x201D; digunakan pada kedua&#xD; kelompok. Hasil dari tes akan dibandingkan untuk melihat apakah ada perbedaan&#xD; dari kedua kelompok. Ketika hasilnya ditemukan dan diperiksa dengan &#x201C;t-table&#x201D;,&#xD; dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental adalah 14.5 yang&#xD; lebih besar dari pada kelompok control yang mendapatka nnilai rata-rata 3.26 Saat&#xD; di periksa dengan &#x201C;t-table&#x201D;, hasil akhir yang 3.35 juga lebih besar dari pada&#xD; tingkat 0.01 (2.403) dan 0.05 (1.675) dengan &#x201C;degrees of freedom&#x201D; sebesar 50.&#xD; Hasil tersebut menunjukkan bahwa list group label ini memberikan kontribusi&#xD; dalam pengajaran kosakata. Maka, ini berarti bahwa list group label efektif dalam&#xD; pengajaran kosa kata.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/3663/1/JURNAL.pdf</identifier><identifier> APRILIANA, FITRI (2017) THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>3663</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author APRILIANA, FITRI
title THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/3663/1/JURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3663/
contents Penelitian ini berjudul keefektifan daftar kelompok label dalam pengajaran kosakata: penelitian percobaan di siswa kelas dua SMPN 1 Lopok Sumbawa di tahun akademik 2016/2017 bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan daftar kelompok label dalam penguasaan perbendaharaan kata di tingkat sekolah menengah pertama.Penelitian ini dilaksanakan karena biasanya pengajaran kosakata dilakukan melalui cara membuka kamus atau mendikte. Dalam kegiatan penelitian, model yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berlokasi di SMPN 1 Lopok.Target populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII yang terdiri dari 138 siswa, sementara contoh dari populasi adalahkelas dan yang terdiri dari masing-masing 26 siswa yang dipilih sebagai kelompok eksperimental dan control melalui tekhnik acak karena tidak adanya kelas yang special. Untuk mendapatkan hasil penelitian, “pre test” dan “post test” digunakan pada kedua kelompok. Hasil dari tes akan dibandingkan untuk melihat apakah ada perbedaan dari kedua kelompok. Ketika hasilnya ditemukan dan diperiksa dengan “t-table”, dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental adalah 14.5 yang lebih besar dari pada kelompok control yang mendapatka nnilai rata-rata 3.26 Saat di periksa dengan “t-table”, hasil akhir yang 3.35 juga lebih besar dari pada tingkat 0.01 (2.403) dan 0.05 (1.675) dengan “degrees of freedom” sebesar 50. Hasil tersebut menunjukkan bahwa list group label ini memberikan kontribusi dalam pengajaran kosakata. Maka, ini berarti bahwa list group label efektif dalam pengajaran kosa kata.
id IOS5428.3663
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2018-06-20T03:06:22Z
last_indexed 2018-06-20T03:06:22Z
recordtype dc
_version_ 1686351093493137408
score 17.538404