THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017
Main Author: | APRILIANA, FITRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3663/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/3663/ |
ctrlnum |
3663 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/3663/</relation><title>THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN
TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT
THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK
SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017</title><creator>APRILIANA, FITRI</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini berjudul keefektifan daftar kelompok label dalam pengajaran
kosakata: penelitian percobaan di siswa kelas dua SMPN 1 Lopok Sumbawa di
tahun akademik 2016/2017 bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan daftar
kelompok label dalam penguasaan perbendaharaan kata di tingkat sekolah
menengah pertama.Penelitian ini dilaksanakan karena biasanya pengajaran
kosakata dilakukan melalui cara membuka kamus atau mendikte. Dalam kegiatan
penelitian, model yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berlokasi di
SMPN 1 Lopok.Target populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII
yang terdiri dari 138 siswa, sementara contoh dari populasi adalahkelas dan yang
terdiri dari masing-masing 26 siswa yang dipilih sebagai kelompok eksperimental
dan control melalui tekhnik acak karena tidak adanya kelas yang special. Untuk
mendapatkan hasil penelitian, “pre test” dan “post test” digunakan pada kedua
kelompok. Hasil dari tes akan dibandingkan untuk melihat apakah ada perbedaan
dari kedua kelompok. Ketika hasilnya ditemukan dan diperiksa dengan “t-table”,
dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental adalah 14.5 yang
lebih besar dari pada kelompok control yang mendapatka nnilai rata-rata 3.26 Saat
di periksa dengan “t-table”, hasil akhir yang 3.35 juga lebih besar dari pada
tingkat 0.01 (2.403) dan 0.05 (1.675) dengan “degrees of freedom” sebesar 50.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa list group label ini memberikan kontribusi
dalam pengajaran kosakata. Maka, ini berarti bahwa list group label efektif dalam
pengajaran kosa kata.</description><date>2017</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/3663/1/JURNAL.pdf</identifier><identifier> APRILIANA, FITRI (2017) THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>3663</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
APRILIANA, FITRI |
title |
THE EFFECTIVENESS OF LIST GROUP LABEL IN
TEACHING VOCABULARY: AN EXPERIMENTAL STUDY AT
THE SECOND GRADE STUDENTS OF SMPN 1 LOPOK
SUMBAWA IN ACADEMIC YEAR 2016/2017 |
publishDate |
2017 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/3663/1/JURNAL.pdf http://eprints.unram.ac.id/3663/ |
contents |
Penelitian ini berjudul keefektifan daftar kelompok label dalam pengajaran
kosakata: penelitian percobaan di siswa kelas dua SMPN 1 Lopok Sumbawa di
tahun akademik 2016/2017 bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan daftar
kelompok label dalam penguasaan perbendaharaan kata di tingkat sekolah
menengah pertama.Penelitian ini dilaksanakan karena biasanya pengajaran
kosakata dilakukan melalui cara membuka kamus atau mendikte. Dalam kegiatan
penelitian, model yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berlokasi di
SMPN 1 Lopok.Target populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII
yang terdiri dari 138 siswa, sementara contoh dari populasi adalahkelas dan yang
terdiri dari masing-masing 26 siswa yang dipilih sebagai kelompok eksperimental
dan control melalui tekhnik acak karena tidak adanya kelas yang special. Untuk
mendapatkan hasil penelitian, “pre test” dan “post test” digunakan pada kedua
kelompok. Hasil dari tes akan dibandingkan untuk melihat apakah ada perbedaan
dari kedua kelompok. Ketika hasilnya ditemukan dan diperiksa dengan “t-table”,
dapat dilihat bahwa nilai rata-rata dari kelompok eksperimental adalah 14.5 yang
lebih besar dari pada kelompok control yang mendapatka nnilai rata-rata 3.26 Saat
di periksa dengan “t-table”, hasil akhir yang 3.35 juga lebih besar dari pada
tingkat 0.01 (2.403) dan 0.05 (1.675) dengan “degrees of freedom” sebesar 50.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa list group label ini memberikan kontribusi
dalam pengajaran kosakata. Maka, ini berarti bahwa list group label efektif dalam
pengajaran kosa kata. |
id |
IOS5428.3663 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2018-06-20T03:06:22Z |
last_indexed |
2018-06-20T03:06:22Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351093493137408 |
score |
17.538404 |