ANALYSIS OF STUDENTS’ ERRORS IN USING PRONOUN IN ENGLISH COMPOSITION: A CASE STUDY AT THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 1 NARMADA IN ACADEMIC YEAR 2017/2018

Main Author: RIADUSSULHI, RIADUSSULHI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3659/1/JOURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3659/2/JOURNAL.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3659/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan kata ganti yang paling umum yang dilakukan oleh siswa dalam karangan bahasa Inggris. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Narmada pada tahun akademik 2017/2018 yang terdiri dari sepuluh kelas yaitu VIII-1, VIII- 2, VIII-3, VIII-4, VIII-5, VIII-5, VIII-6, VIII-7, VIII, -8, VIII-9, dan VIII-10. Penelitian ini melibatkan 40 siswa sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengisi filling the blank, guided-writing, dan kuesioner. Peneliti menggunakan metode deskriptif-kuantitatif untuk menganalisa data. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa siswa kelas VIII SMPN 1 Narmada membuat kesalahan dalam menggunakan kata ganti dalam karangan bahasa Inggris dengan persentase kesalahan 67,23%. Data dari tes tersebut menunjukkan bahwa kesalahan yang paling umum dilakukan oleh siswa adalah kata ganti kepemilikan dengan kesalahan 21,85%. Sementara itu, hasil kuesioner menunjukkan faktor terbanyak yang menyebabkan kesalahan siswa adalah intralingual dan interferensi