PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) BERBANTUAN MEDIA SLIDE PROGRAM POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMKN 5 MATARAM

Main Author: NURBAITI, NURBAITI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3619/1/JURNAL%20NURBAITI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3619/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (CORE) berbantuan media slide program powerpoint terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran ppkn di SMKN 5 Mataram”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk pilihan ganda sebanyak 30 item untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (4,730) > ttabel (1,686) pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol. Analisis N-Gain menunjukkan tingkatan perbedaan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir dari pengaruh model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (CORE) berbantuan media slide program powerpoint terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 54,11% dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 26,99% dengan kategori rendah.