KAJIAN TAKHAYUL DRAMA RUDAT MENDANE DI DESA SUKARAJA: PERSPEKTIF ROLAND BARTHES DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP

Main Author: SURNIATI, SURNIATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3570/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3570/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji takhayul drama Rudat Mendane di desa Sukaraja: perspektif Roland Barthes dan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah gambaran kemunculan takhayul drama Rudat Mendane jika dilihat dari perspektif Roland Barthes dan bagaimanakah hubungan takhayul drama Rudat Mendane dengan pembelajaran sastra di SMP. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan gambaran kemunculan takhayul pada drama Rudat Mendane jika dilihat dari perspektif Roland Barthes dan mengetahui hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMP. Teori yang dijadikan sebagai landasan pada penelitian ini adalah teori semiologi Roland Barthes, dan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis sintagmatik dan paradigmatik Roland Barthes. Takhayul drama Rudat Mendane di desa Sukaraja disadari atau tidak, banyak mengandung ajaran-ajaran untuk melakukan perbuatan yang mengarah pada hal yang positif, seperti ajaran untuk saling menghargai dan menghormati antara sesama yang akan menuntun pada kedamaian dan keamanan bersama, larangan-larangan yang harus dipatuhi sepenuhnya oleh masyarakat seperti larangan untuk tidak menghina dan menjadikan bahan olokan atau ejekan ketika pementasan berlangsung, serta makna-makna dalam setiap tingkah atau perilaku seperti perilaku pemain ketika melakukan pengobatan seperti perputaran mengelilingi penderita, penyiapan sesajen dan tingkah laku lainnya seperti penyucian gong dan sebagainya.