STUDI KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN MEDIA KARTU INDEKS DAN MEDIA KARTU DOMINO MELALUI PENDEKATAN CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: ANGGRINI, SUTAMI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3436/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3436/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak ada perbedaan prestasi belajar menggunakan media kartu indeks dan media kartu domino melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi larutan penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental atau eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control group design pretestposttest. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga didapatkan 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 (media kartu indeks) dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen 2 (media kartu domino). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest dan posttest yang diolah dengan analisis kovarian (anakova). Hasil uji anakova pada taraf signifikan 5% menunjukkan Fhitung (11,07) > Ftabel (3,96) yang berarti Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar kimia menggunakan media kartu indeks dan media kartu domino melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) materi pokok larutan penyangga pada siswa kelas XI SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan perbandingan perstasi belajar, penggunaan media kartu domino memberikan pengaruh lebih baik dibandingkan penggunaan media kartu indeks.