PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 LINGSAR LOMBOK BARAT
Main Author: | HAYUNI, HAYUNI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3385/1/SKRIPSI%20HAYUNI.pdf http://eprints.unram.ac.id/3385/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group desaign. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar yang berjumlah 142 orang yang tersebar pada 6 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas ekperimen dan VIII F sebagai kelas control. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Data penelitian berupa hasil hasil belajar PKn yang dikumpulkan metode tes, selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil uji-t menunjukkan thitung = 4.00 dan ttabel = 1.684untuk dk = 40 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian, thitung > ttabel (4.00 > 1.684) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap hasil belajar PKn kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe IOC berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lingsar Lombok Barat.