PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)5E BERBANTUAN MEDIA LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN (KSP) KELAS XI IPA MAN 2 LOMBOK TENGAH

Main Author: MARIANA, MARIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3384/1/MARIANA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3384/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan media LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) kelas XI IPA MAN 2 Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN 2 Lombok Tengah tahun pelajaran 2016/2017 yang terbagi dalam dua kelas. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran siklus belajar 5E berbantuan media LKS, sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa test pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data hasil pretest dan posttest yang diolah dengan gain uji-t. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0,387) ≤ ttabel (2,021) yang berarti Ho diterima. Dengan demikian maka dapat disimpulkan model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 5E berbantuan media LKS tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) siswa kelas XI IPA MAN 2 Lombok Tengah.