PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK DISERTAI KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI HIDROKARBON PADA SISWA KELAS X SMAN 7 MATARAM

Main Author: ILLAHI ROBBY, INGES PUTRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3383/1/Inges%20Putri%20Illahi%20Robby%28E1M013019%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3383/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair check disertai kartu soal terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon pada siswa kelas X SMAN 7 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian kelompok kontrol non equivalen. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X-H, X-I, dan X-J SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan guru dan data awal siswa yang tidak berbeda signifikan sehingga sampel yang diambil yaitu kelas X-I dan X-J. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran pair check disertai kartu soal dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel kontrolnya adalah hasil belajar kimia (ranah kognitif). Teknik pengumpulan data dengan tes awal dan tes akhir berupa soal pilihan ganda dan uji hipotesis menggunakan gain uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran pair check disertai kartu soal memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen (81) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (65.8). Hasil uji hipotesis dengan menggunakan gain uji-t didapatkan thitung (7.87) > ttabel (1.67) sehingga Ho ditolak, artinya model pembelajaran pair check disertai kartu soal memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi hidrokarbon pada siswa kelas X SMAN 7 Mataram.