PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X TKR SMKN 1 LINGSAR
Main Author: | RAHMAWATI, YENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3382/1/Yeni%20Rahmawati.pdf http://eprints.unram.ac.id/3382/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode praktikum terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X TKR SMKN 1 Lingsar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttet nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMKN 1 Lingsar sebanyak 72 orang siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR 1 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model dan metode pembelajaran yaitu model Student Team Achivement Divisions (STAD) yang dipadu dengan metode praktikum untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional (demonstrasi, ceramah dan diskusi) untuk kelas kontrol. Variabel terikat yaitu hasil belajar kimia. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang dikumpulkan dengan teknik tes. Data diolah dengan dengan uji anakova. Hasil uji hipotesis pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (1,96) < ttabel (3,98) yang berarti Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) dan metode praktikum terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa kelas X TKR SMKN 1 Lingsar. Meskipun secara statistik tidak ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode praktikum, akan tetapi berdasarkan beberapa indikator hasil belajar yang cenderung lebih besar nilainya pada kelas eksperimen menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan metode praktikum mempunyai kelebihan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.