HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SDN SE-GUGUS III SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: JURAIDAH, JURAIDAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3381/1/SKRIPSI%20JURAIDAH.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3381/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif studi korelasional, yaitu untuk melihat hubungan antara variabel X (interaksi sosial dalam kelompok) dengan variabel Y (prestasi belajar peserta didik). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap adakah hubungan antara interaksi sosial dalam kelompok belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas IV di SDN se-gugus III Sandubaya tahun pelajaran 2016/2017. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN se-gugus III Sandubaya yang berjumlah 165 orang, sedangkan jumlah sampel adalah 60 orang yang diambil dengan teknik Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportional random sampling atau pengambilan sampel secara acak dengan undian. Untuk melihat sejauh mana hubungan antar variabel, digunakan rumus Korelasi Produk Moment, yang sebelumnya telah memenuhi uji asumsi dasar statistic, yaitu normalitas data dan homogenitas data. Hasil pengujian terhadap hipotesis nihil (H0) diperoleh hasil perhitungan dimana nilai rhitung dalam penelitian sebesar 0,319 berada diatas batas dari rtabel sebesar 0,254 atau dengan kata lain 0,319 ≥ 0,254 (db=58, ts5%). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dalam kelompok belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN se-gugus III Sandubaya tahun pelajaran 2016/2017 dinyatakan diterima.