PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA DI SMP NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | NISA, AYATUN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3380/1/SKRIPSI%20AYATUN%20NISA%20%28E1A013005%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/3380/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio-visual terhadap hasil belajar IPA Biologi pada kelas VII semester genap di SMP Negeri 3 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-postest non-control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Mataram dengan jumlah siswa 182. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga diperoleh kelas VII2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII3 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan subjektif. Data hasil gain score dengan rata-rata 38,08 untuk kelas Jigsaw dan 32,85 untuk kelas NHT dianalisis dengan teknik Independent sample t- test pada taraf alpha 5% dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil uji hipotesis menunjukkan p-value = 0,033 lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang keduanya berbantuan media audio-visual.