PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATION, & EVALUATE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 1 MATARAM
Main Author: | AYU LATIFA, BAIQ RIZKIA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3367/1/Baiq%20Rizkia%20Ayu%20Latifa.pdf http://eprints.unram.ac.id/3367/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle5E (Engage, Explore, Explain, Elaboration, & Evaluate) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MAN 1 Mataram. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian untreated control group with pre-test and post-test design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random samplingdan diperoleh kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model learning cycle 5E dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol menggunakan model cooperative learning tipe STAD.Pengumpulan data kemampuan berpikir kritis dilakukan dengan teknik tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah diuji validasi, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal. Peneliti menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji-t polled varians, dan uji N-Gain sebagai uji statistik. Perhitungan N-Gaindigunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritispada masing-masing indikator. Kelas eksperimen mengalami peningkatan dengan kategori sedang untuk seluruh indikator, sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan dengan kategori sedang pada tiga indikator dan dua indikator lainnya pada kategori rendah. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model learning cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik (t_hitung=6,14 >t_tabel=1,9999).