PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI PESERTA DIDIK DI SMAN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: AFRIYANTI, WITRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3334/1/SKRIPSI%20WITRI%20AFRIYANTI%20%28E1A%20012%20059%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3334/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian tentang perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap penguasaan konsep Biologi pada peserta didik di SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah kausal komparasi dengan tujuan mengetahui perbedaan pengaruh kedua model tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest non-control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep adalah objective test. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dengan teknik independent sample t-test pada taraf signifikansi 95% dengan bantuan program SPSS 17 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas eksperimen II yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) (p<0,05).