PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn SMPN 1 BATULAYAR

Main Author: ADAWIAH, SITI MARHAMAH RABIATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3314/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3314/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn SMPN 1 Batulayar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 23 orang sebagai kelas eksperimen dan 22 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 20 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 77 pada kelas eksperimen dan 66 pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai (3.6669) (1.684) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan metode pembelajaran Mind mapping terhadap hasil belajar PPKn.