PENGARUH PEMBELAJARAN KOMBINASI THINK PAIR SHARE dan INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 MATARAM
Main Author: | ISMAYASARI, OKTAVIYANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3295/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/3295/ |
Daftar Isi:
- Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pembelajaran Kombinasi Think Pair Share dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 2 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test bentuk esay sebanyak 20 item untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (1,787) > ttabel (1,670) pada taraf signifikan 5%. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif PPKn siswa kelas eksperiemen dan kelas kontrol. Analisis N-Gain menunjukkan tingkatan perbedaan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir dari Pengaruh Pembelajaran Kombinasi Think Pair Share dan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 30,74% dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol sebesar 16,61% dengan kategori rendah.