UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KERJASAMA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 LABUAPI

Main Author: PRATINI, TRI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3292/1/SKRIPSI%20TRI%20PRATINI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3292/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kerjasama melalui penerapan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran PKn kelas VIII-B SMPN 2 Labuapi dengan jumlah 23 orang. Jenis penelitian ini adalah PTK. Penelitian ini mencapai indikator berhasilan pada siklus II dengan data berupa, Indikator yang muncul berdasarkan jumlah siswa pada kemampuan berpikir kritis; 100%, kerjasama; 100% (minimal 85%). Indikator yang muncul pada kemampuan berpikir kritis; 85%, kerjasama; 83.3% (minimal 75%). Pengelolaan menerapkan metode pembelajaran problem solving; 92.6% (minimal 85%). Disimpulkan, kemampuan berpikir kritis dan kerjasama meningkat setelah diterapkan metode pembelajaran problem solving pada mata pelajaran PKn kelas VIII-B SMPN 2 Labuapi.