PENINGKATAN KEBERANIAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA-3 MA DI PI NURUL HAKIM KEDIRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING PADA MATA PELAJARAN PKN
Main Author: | ST. NURWAHIDAH, ST. NURWAHIDAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3279/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20SITI%20NURWAHIDA.pdf http://eprints.unram.ac.id/3279/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian mengemukakan pendapat dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA-3 MA DI Pi Nurul Hakim Kediri melalui penerapan model pembelajaran moral reasoning pada mata pelajaran PKn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) pengamatan/ observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I, jumlah deskriptor model pembelajaran moral reasoning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 24 deskriptor (80%). Siswa yang mencapai indikator keberanian mengemukakan pendapat yang merupakan variabel harapan yaitu 19 siswa (73%) dan kemampuan berpikir kritis siswa sejumlah 19 siswa (73%). Sedangkan pada siklus II, variabel tindakan yang muncul sebanyak 30 deskriptor (100%). Siswa yang mencapai indikator kinerja keberanian mengemukakan pendapat sebagai variabel harapan sejumlah 23 siswa (88,5%) dan kemampuan berpikir kritis siswa sejumlah 23 siswa (88,5%). Dengan demikian, indikator kinerja variabel tindakan dan variabel harapan telah tercapai pada siklus II.