MODEL PEMBELAJARAN 5E DENGAN TEKNIK DIAGRAM ROUNDHOUSE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK MTs NEGERI 1 MATARAM

Main Author: RAPSANJANI, LALU APRILIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3275/1/COVER%2C%20DLL.docx
http://eprints.unram.ac.id/3275/2/ARTIKEL.docx
http://eprints.unram.ac.id/3275/3/DAFTAR%20ISI.docx
http://eprints.unram.ac.id/3275/4/DAFTAR%20PUSTAKA.docx
http://eprints.unram.ac.id/3275/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse dalam meningkatkan kemampuan metakognitif dan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian none-equivalent control group desaign. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Mataram pada tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dan VII-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri atas inventori kesadaran metakognitif dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan program Mikrosoft Excel 2007. Uji hipotesis menggunakan uji t polled varians dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse dapat meningkatkan kemampuan metakognitif peserta didik MTs Negeri 1 Mataram sebesar 22,33%; 2) model pembelajaran 5E dengan teknik diagram Roundhouse dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram sebesar 23,86%; 3) terdapat korelasi yang positif antara kemampuan metakognitif dan hasil belajar IPA peserta didik MTs Negeri 1 Mataram.