PENERAPAN METODE LESTUFATOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 36 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: TRISNA SUCIANI, NI LUH PUTU
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3174/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3174/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas IV SDN 36 Cakranegara tahun pelajaran 2016/2017 melalui penerapan Metode Lestufator?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 36 Cakranegara pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan Metode Lestufator. Metode pembelajaran ini diharapkan dapat menjadikan peserta didik aktif bertanya dan memacu motivasi siswa untuk menjadi yang terbaik dalam menjelaskan materi ajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat langkah yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Metode Lestufator, hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai siswa pada siklus II adalah 89,65% dengan nilai rata-rata hasil belajar 83,10. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan yang ingin dicapai yakni 85% siswa mendapat nilai minimal 75 sudah terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Lestufator dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.