PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS III SDN 34 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | LESTARY, INTAN DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3165/1/SKRIPSII.pdf http://eprints.unram.ac.id/3165/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya membaca puisi siswa kelas III SDN 34 Ampenan. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 34 Ampenan mencapai 44% atau seekitar 12 orang siswa tidak tuntas dan 56% atau sekitar 15 orang siswa yang tuntas dari 27 orang jumlah siswa. Masalah ini terjadi karena guru mengemas pembelajaran dengan kurang menarik dan jarang menggunakan media dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh pada aspek pelafalan pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Aspek intonasi pada siklus I mendapat presentase sebesar 76,8% meningkat menjadi 80,5% pada siklus II dan untuk aspek ekspresi pada siklus I mendapat presentase sebesar 70,3% meningkat menjadi 72,2% pada siklus II. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas III SDN 34 Ampenan tahun pelajaran 2017/2018.