HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS I KECAMATAN KOPANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: SUHAYA, FITRIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3154/1/SKRIPSI%20FITRIA%20SUHAYA.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3154/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah tentang hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Gugus I kecamatan Kopang Lombok Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Dimana proses pembelajaran, interaksi sosial dalam kelompok teman sebaya berperan dalam merubah, mempengaruhi, atau memperbaiki perilaku siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena, hubungan dengan teman sebaya memiliki peran penting untuk menumbuhkan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk pencapaian tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Dengan pengambilan sampel sebanyak 64 siswa pada Gugus I Kecamatan Kopang Lombok Tengah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui hubungan kedua variabel digunakan bantuan SPSS V.16,0 yang menunjukkan hasil person sebesar 0,340 > 0,01 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kecamatan Kopang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.