PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS INKUIRI TERBIMBING (PPBIT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMEN SISWA

Main Author: Seprianingsih, Dewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3141/1/ARTIKEL%20DEWI%20SEPRIANINGSIH%20%28I2E013002%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3141/
Daftar Isi:
  • Kemampuan Berargumen merupakan bagian dari kecakapan berpikir yang penting dikuasai oleh siswa. Kemampuan berargumen yang dimiliki oleh siswa masih tergolong rendah, Hal ini merujuk pada laporan TIMSS (The Trends in International Mathematics and Science Study) tahun 2011, menunjukkan bahwa rangking anak Indonesia dalam bidang sains menduduki posisi ke 42 dari 45 negara. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas kemampuan berargumen adalah menerapkan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri (PPBIT) dan menganalisis efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan berargumen siswa SMAN 2 Taliwang-Sumbawa Barat. PPBIT dilaksanakan dengan mengacu pada prosedur 4D. untuk mengetahui efektivitas PPBIT selanjutnya dilakukan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pretes posttes control group desain. Sampel penelitian berjumlah 66 orang yang tersebar dalam dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPBIT layak digunakan dengan rata-rata kelayakan silabus 78.71%, RPP 83.5, LKITS 75%, dan Instrumen KB 80.25%, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berargumen siswa kelas X SMAN 2 Taliwang, pada materi pencemaran lingkungan dan daur ulang limbah dengan skor rata-rata kemampuan berargumen siswa dari 48.22 menjadi 85,08.