HUBUNGAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SDN GUGUS IV KECAMATAN AMPENAN TAHUN 2016/2017
Main Author: | SAPUTRA, ADY |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/3137/1/SKRIPSI%20ADY%20SAPUTRA.pdf http://eprints.unram.ac.id/3137/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa di SDN Gugus IV Kecamatan Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto dengan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di SDN Gugus IV Kecamatan Ampenan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 625 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner (Angket) dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan tehnik analisis product moment. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang yang diambil dari tehnik Proportionate Sratified Random Sampling pada siswa kelas II-VI SDN Gugus IV Kecamatan Ampenan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai rata-rata hubungan perpustakaan sekolah adalah 11,6 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar adalah 80,05. Terdapat hubungna yang positif antara perpustakaan sekolah dengan prestasi belajar siswa, data berdistribusi normal dengan taraf signifikan 5%, dimana hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y 1,514 dan perpustakaan sekolah memiliki hubungan dengan prestasi belajar sebanyak 22,92%. Sehingga terdapat hubungan yang positif antara Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa.