HUBUNGAN LAYANAN ORIENTASI TENTANG TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS V SDN GUGUS 1 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: NURWAHYUNI, NURWAHYUNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3093/1/SKRIPSI%20NURWAHYUNI%20B.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3093/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku disiplin siswa yang rendah. Berperilaku tidak disiplin akan menyebabkan siswa kurang memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga kegiatan proses belajar mengajar akan terganggu karena cenderung siswa mempunyai tingkat disiplin yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan orientasi tentang tata tertib dengan perilaku disiplin pada siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode simple random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 60 siswa di SDN gugus I Ampenan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara layanan orientasi tentang tata tertib dengan perilaku disiplin pada siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan tahun ajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis data didapatkan Pearson’s r sebesar 0,261 dengan Sig.(2-tailed) 0,044< 0,05. Nilai korelasi menunjukan arah positif yang artinya semakin diberikan layanan orientasi tentang tata tertib maka semakin tinggi pula perilaku disiplin siswa. Sehingga hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan: “ Ada hubungan yang positif dan signifikan antara layanan orientasi tentang tata tertib dengan perilaku disiplin siswa kelas V SDN Gugus I Ampenan tahun ajaran 2016/2017” diterima.