PENGARUH METODE THINK-TALK-WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 9 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: SATRIADI, SATRIADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/3081/1/SKRIPSI%20SATRIADI%20NIM.%20E1E212216.pdf
http://eprints.unram.ac.id/3081/
Daftar Isi:
  • Pelaksanaan penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar menulis karangan narasi pada kelas V SD Negeri 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini disebabkan oleh rendahnya minat siswa dalam membuat sebuah karangan narasi karena mereka merasa kesulitan. Selain itu penggunaan metode pembelajaran yang monoton juga menjadi penyebab siswa kurang tertarik untuk membuat karangan narasi. Mereka cenderung bosan dengan cara guru menyampaikan materi dan kegiatan pembelajaran yang hanya dengan metode ceramah dan tanya jawab saja. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan metode pembelajaran think-talk-write pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode think-talk-write dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Subjek penelitian, adalah kelas V SD Negeri 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017. Dengan kelas VA sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 38 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu, 77 dan kelas eksperimen yaitu, 70. Setelah diberikan perlakuan diberikan tes akhir (pots-test) dan diperoleh nilai rata- rata kelas kontrol, yaitu, 75 dan untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata- rata 77. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada tarap signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesr 2,389 sedangkan t tabel sebesar 2,028 karena thitung > thitung maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode thin-talk-write dalam pembelajaran menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2016/2017.