PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE) TIPE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS VIII SMP NEGERI 2 KURIPAN

Main Author: AZMI, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2998/1/SKRIPSI_NURUL%20AZMI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2998/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) tipe permainan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Quasi Experimental dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 22 soal yang dinyatakan valid dari 30 soal yang ada. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil post-test sebesar 83.7 pada kelas eksperimen dan 65.5 pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan t hitung adalah 7.337, berdasarkan hal tersebut nilai t hitung (7.337) > t tabel (1.684) pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data dan pembahasan menyimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran VCT tipe permainan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VIII SMP Negeri 2 Kuripan.