HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V GUGUS IV KECAMATAN TANJUNG TAHUN 2017/2018

Main Author: Chandra, Duty Wahyuning
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2979/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2979/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak siswa yang belum dapat melaksanakan kerjasama dengan baik, baik pada saat melakukan diskusi kelompok maupun pada saat mendengarkan penjelasan dan arahan dari guru, selain itu penelitian ini juga di latar belakangi oleh masih rendahnya perestasi belajar pada mata pelajaran IPS, sehingga dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS siswa kelas V gugus IV Kecamatan Tanjung Tahun 2017/2018. Dalam penelitian ini sampel diambil sebanyak 59 siswa dari 154 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi, adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive proporsional random sampling yaitu pengambilan sampel pada ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu dimana dalam penelitian ini dari 5 sekolah yang diteliti peneliti hanya mengambil 1 kelas saja yaitu kelas 5, adapun teknik pengambilannya menggunakan undian. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah statistik korelasi product moment diperoleh hasil