PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN TEKNIK HANDS ON MATHEMATICS ADA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX C SMPN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: NURJANNAH, NURJANNAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2883/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2883/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX C SMPN 2 Kediri tahun pelajaran 2017/2018 pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun masing – masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan teknik hands on mathematics. Data aktivitas belajar siswa diperoleh melalui observasi dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 8,32 dengan kategori kurang aktif. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2, skor aktivitas belajar siswa adalah 10,00 dengan kategori aktif. Pada pertemuan pertama dan kedua siklus II, skor aktivitas belajar siswa adalah 13,34 daa 14,01 dengan kategori sangat aktif. Dengan demikian terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa, rata – rata hasil evaluasi pada siklus I dan II berturut – turut adalah 75,98 dan 78,75 dengan ketuntasan klasikal masing – masing siklus 79% dan 87,5%. Dengan melihat hasil evaluasi dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan teknik hands on mathematics pada materi pembelajaran bangun ruang sisi lengkung dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX C SMPN 2 kediri tahun pelajaran 2017/2018.