PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn PADA SISWA SMP NEGERI 1 LABUAPI
Main Author: | SAROSO, INDRA AGUNG |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/2864/1/SKRIPSI%20INDRA%20%28E1B112039%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/2864/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran koperatif Index Card Match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMPN 1 Labuapi. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan desain The Static Group Comparison Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 orang sebagai kelas eksperimen dan 26 orang sebagai kelas statik. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 15 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 80.26 pada kelas eksperimen dan 65.59 pada kelas statik. Hasil penelitian menunjukkan nilai t୦୧୲୳୬ (5.804) > t୲ୟୠୣ୪ (1.675) pada taraf signifikan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran koperatif Index Card Match terhadap hasil belajar PPKn.