PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN DALAM PENGELOLAAN JASA PARKIR DI KOTA MATARAM
Main Author: | HASINA, TIRANGGA AYU |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/2832/1/TIRANGGA%20AYU%20HASINA.pdf http://eprints.unram.ac.id/2832/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pengelolaan jasa parkir menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir dan untuk menganalisis jenis perjanjian yang berlaku dalam perjanjian antara pengelola jasa parkir dan konsumen di Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normative dengan menggunakan metode pendekatan perundang- undangan dan metode pendekatan konseptual. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, perlindungan hukum terhadap konsumen dalam pelayanan jasa parkir menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir dilaksanakan dengan adanya perlindungan dari klausula baku, adanya tanggung jawab pelaku usaha, dan adanya pemberian ganti kerugian. Kedua, jenis perjanjian yang berlaku dalam perjanjian antara pengelola jasa parkir dan konsumen di Kota Mataram adalah perjanjian penitipan barang.