RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI MENGENAI KOLEKSI BARANG PADA MUSEUM NEGERI NUSA TENGGARA BARAT

Main Author: Prasetiawan, Ilham
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2745/1/ILHAM%20PRASETIAWAN%20-%20F1D013045.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2745/
Daftar Isi:
  • Studi ini didasarkan pada adanya permasalahan penelitian mengenai kurangnya media penyampaian informasi yang menyebabkan pengunjung cenderung tidak mengetahui informasi mengenai koleksi barang yang dipamerkan oleh Museum Negeri NTB. Dalam penggunaan media penyampaian informasi, Museum Negeri NTB hanya memiliki media penyampaian informasi berupa media cetak dan media audio, media penyampaian informasi yang digunakan meliputi papan informasi, brosur, dan pemandu museum. Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung museum dalam memahami informasi dari koleksi barang museum dengan menggunakan teknologi augmented reality. Aplikasi ini berbasis android dan dibangun menggunakan blender sebagai software 3D modelling, animasi dan rendering dalam visualisasi desain, unity 3D sebagai software engine dan Qualcomm vuvoria SDK sebagai platform augmented reality. Aplikasi ini juga menggunakan metode waterfall sebagai metode pengembangan sistem dan markless augmented reality sebagai metode dalam pendeteksian marker dengan menggunakan teknik pattern matching dalam pencocokan pola marker. Aplikasi ini diuji dengan blackbox, MOS, dan software quality. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa semua fungsi telah berjalan dengan semestinya sesuai dengan kebutuhan fungsional yang telah didefinisikan. Pengujian dengan menggunakan MOS menunjukkan bahwa rata-rata penilaian responden pengunjung museum terhadap aplikasi