ANALISIS PEMASARAN DAGING SAPI DI KOTA MATARAM
Main Author: | Triulandani, Githa Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/2471/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/2471/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui saluran pemasaran daging sapi, (2) Mengetahui efisiensi pemasaran daging sapi, (3) Mengetahui masalah yang dihadapi dalam pemasaran daging sapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik survei dengan mewawancara 20 responden yang terlibat dalam pemasaran daging sapi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder dan data primer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) daging sapi di Kota Mataram dalam pemasarannya melalui dua saluran pemasaran, yaitu : (a) Saluran pemasaran I (Peternak – Pedagang besar (pejagal) – Pedagang pengecer – Konsumen). (b) Saluran pemasaran II (Peternak – Pedagang besar (pejagal) – Konsumen). (2) Kedua saluran pemasaran daging sapi sudah efisien yaitu (a) Saluran pemasaran I dengan margin sebesar Rp. 36.175/Kg dan yang lebih efisien saluran II dengan margin sebesar Rp.31.175, share produsen saluran pemasaran I sebesar 60,00%, share produsen saluran pemasaran II sebesar 68,31%, dan distribusi keuntungan saluran pemasaran I sebesar 0,50, distribusi keuntungan saluran pemasaran II sebesar 1. (3) Permasalahan/hambatan yang dihadapi produsen daging sapi di Kota Mataram dan lembaga pemasarannya yaitu modal untuk produksi dan menambah jumlah produksi.