PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMPN 1 GERUNG

Main Author: ASFIA, HAERATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2460/1/SKRIPSI%20HAERATUL%20ASFIA%20%28E1C113052%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2460/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group pretest posttest design. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMPN 1 Gerung setelah diberi perlakuan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMPN 1 Gerung setelah diberi perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa essay. Tes diberikan 2 kali, yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa nilai lebih besar atau lebih kecil dari nilai positif maupun negatif , dapat ditulis (3,88 > 2,042 atau -3,88 < -2,042 ) sehingga penelitian ini dinyatakan signifikan, dengan demikian kesimpulan yang diperoleh adalah “Adanya pengaruh penggunaan media gambar dibandingkan dengan tidak menggunakan media gambar terhadap keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gerung tahun pelajaran 2017/2018.