MAKNA DAN NILAI PENDIDIKAN DALAM UNGKAPAN TRADISIONAL BIMA KAJIAN SEMIOLOGI PERSPEKTIF ROLAND BARTHES

Main Author: ANNISAH, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2370/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2370/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas “Makna dan Nilai Pendidikan dalam Ungkapan tradisional Bima: Kajian Semiologi perspektif Roland Barthes”. Penelitian ini memiliki dua Rumusan masalah yaitu: (1) bagaimana makna ungkapan tradisional Bima? dan (2) nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam ungkapan tradisional Bima?. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan dan menganalisis makna serta nilai pendidikan dalam ungkapan tradisional Bima. Jenis penelitian ini termaksud penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, rekam, simak, dan catat. Analisis data menggunakan cara kerja Roland Barthes. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu trerdapat 20 data makna ungkapan tradisional Bima dan 4 nilai pendidikan. Nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam ungkapan tradisional Bima adalah nilai pendidikan religius, moral, sosial , dan budaya. Adapun nilai religius mencakup: (1) percaya takdir, (2) beribadah. Nilai moral mencakup: (1) menghormati guru, (2) mengakui kesalahan dan minta maaf, (3) menjaga orang lain, (4) rendah hati. Nilai sosial mencakup: (a) kerja sama, (b) persahabatan. Nilai budaya mencakup: (a) mengalah, (b) tetap pendirian, (c) tidak membicarakan orang lain dibelakan, dan (d) kewaspadaan.