PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA PEMBELAJARAN MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII-1 SEMESTER I MTs. AL-AZIZIYAH PUTRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: IRMAWATI, IRAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2319/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2319/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII-1 MTs. Al-Aziziyah Putri Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi relasi dan fungsi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Pelaksanaan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan 2 pertemuan untuk pembelajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik dari tiap siklus dengan skor aktivitas peserta didik pada siklus I pertemuan 1 adalah 8,65 dengan kategori cukup aktif dan pertemuan 2 adalah 11,67 dengan kategori aktif. Kemudian skor aktivitas peserta didik pada siklus II pertemuan 1 adalah 12,99 dengan katekgori aktif dan pertemuan 2 adalah 14,32 dengan kategori sangat aktif. Sedangkan prestasi belajar peserta didik tiap siklus masing-masing 76,58 dan 80,00 dengan persentase ketuntasan klasikal masing-masing 75,00% dan 86,96%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik kelas VIII-1 MTs. Al-Aziziyah Putri Tahun Pelajaran 2017/2018 pada materi relasi dan fungsi.