PENGARUH STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI FLUIDA SISWA SMAN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2016/2017
Main Author: | TUQALBY, RAEHANA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/2262/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/2262/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi konflik kognitf terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis pada materi fluida siswa SMAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian quasiexperiment dengan desain untreated control group design with pretest and posttes. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Mataram. Sampel penelitian diperoleh menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penguasaan konsep dilakukan menggunakan tes pilihan ganda dan kemampuan berpikir kritis dengan tes uraian. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis ditentukan berdasarkan hasil uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada kedua kelas. Kelas eksperimen mengalami peningkatan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa strategi konflik kognitif berpengaruh meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis pada materi fluida siswa SMAN 3 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017