PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | JURIATI, JURIATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/2035/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/2035/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen di kelas VII.B SMPN 1 Labuapi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri atas lima tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil karena diperoleh skor rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II berada pada kriteria cukup aktif menjadi sangat aktif dengan skor rata-rata 14,00 menjadi 22,00. Hasil belajar siswa ranah kognitif dengan nilai rata-rata kelas siklus I sebesar 70,00 dengan ketuntasan klasikal 65,21 % mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 77,04 dengan ketuntasan klasikal 86,95%. Hasil belajar siswa ranah afektif dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata dari 13,78 menjadi 18,34 berada pada kriteria sedang baik menjadi sangat baik. Hasil belajar siswa ranah psikomotor dari siklus I ke siklus II dengan nilai rata-rata 16,25 menjadi 19,75 berada pada kriteria sangat terampil. Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMPN 1 Labuapi tahun pelajaran 2015/2016.