KAJIAN MUTU LAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI DI KABUPATEN LOMBOK BARAT MENGGUNAKAN MODEL SERVQUAL

Main Author: Karwati1, Surya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/2019/1/BAB%20I%2C%20II%2C%20III%2C%20IV%2C%20V.pdf
http://eprints.unram.ac.id/2019/
Daftar Isi:
  • Kajian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat mutu layanan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Lombok Barat. Untuk menjawab tujuan ini, maka kajian ini menggunakan metode ServQual (service quality), dengan melibatkan 200 siswa SMK Negeri Kabupaten Lombok Barat yang ditentukan secara cluster proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert. Dimensi dan instrumen penelitian diadaptasi dari instrumen yang dikembangkan oleh Parasaruman dkk. (1994) dan Dursun dkk. (2014), yang mencakup aspek: reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan physical/tangible feature. Keseluruhan data dianalisis secara statistik, berupa descriptive statistics dan comparative analysis. Hasil kajian menemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mutu layanan pendidikan antara yang dirasakan atau kenyataan dengan harapan siswa. Dengan nilai rata-rata harapan siswa terhadap 5 (lima) aspek mutu layanan tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kenyataan/persepsi, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat mutu layanan pendidikan SMK di Kabupaten Lombok Barat belum memadai