PENGARUH METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SDN 1 GERUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: NOPITALIA, NOPITALIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/20046/1/SKRIPSI%20NOPITALIA%20%28E1E015073%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/20046/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan pada peserta didik kelas 1 SDN 1 Gerung Selatan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dan tes unjuk kerja. Observasi dapat memberikan berbagai data informasi yang diperlukan dalam penelitian, tes unjuk kerja digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keterampilan membaca permulaan. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan rumus t-test polled varians untuk mengetahui adakah pengaruh dari pembelajaran menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh skor rata-rata keterampilan membaca permulaan pada kelas eksperimen sebesar 12.96 dan kelas kontrol sebesar 11.00. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil t hitung pada taraf signifikansi 5% sebesar 4.944, dan t tabel 2.014 sehingga dapat diketahui t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha dinyatakan diterima dan Ho dinyatakan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari pembelajaran menggunakan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SDN 1 Gerung Selatan tahun pelajaran 2019/2020.