PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: WAHYU, SYARIFUDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/19861/1/Skripsi%20Wahyu%20Syarifudin%20%28E1R014056%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/19861/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII semester II materi lingkaran di SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri tahun 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 121 siswa dan dipilih dua kelas sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Sampel yang didapat yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes sebagai pengukur prestasi belajar dan analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui apakah teknik pembelajaran tutor sebaya berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada taraf signifikansi 5%, dan didapatkan hasil yitu dan sehingga disimpulkan . Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran materi lingkaran terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2018/2019.