PROSES PEMBELAJARAN SOSIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Main Author: MILA, NOVIANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/19828/1/MILA%20NOVIANA-%20E1S016046.pdf
http://eprints.unram.ac.id/19828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan proses pembelajaran Sosiologi pada masa pandemi Covid-19 dari berbagai variabel (jenis kelamin, usia, kelas, letak sekolah, status sekolah) di SMA Kabupaten Lombok Tengah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survei. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik SMA negeri dan swasta di Kabupaten Lombok Tengah. Teknik pengambilan sampel accidental sampling dengan sampel 456. Data proses pembelajaran Sosiologi dijaring menggunakan kuesioner dengan bantuan google form yang sudah memenuhi persyaratan penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif, menggunakan comparative analysis yaitu statistik non parametrik karena tidak memenuhi persyaratan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persespi tentang proses pembelajaran Sosiologi pada masa pandemi Covid-19 dari berbagai variabel (jenis kelamin p-value 0.015; usia p-value 0.041; kelas p-value 0.034; letak sekolah p-value 0.000; status sekolah p-value 0.001) dengan signifikansi 5%. Dengan nilai perbedaan dari setiap variabel tersebut, bahwa persepsi lebih baik tentang proses pembelajaran Sosiologi pada masa pandemi adalah perempuan, 16 tahun, kelas X, sekolah negeri, dan sekolah kota.