PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | NUNUNG, SINTIA DEVI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/19821/1/SKRIPSI%20WORD.pdf http://eprints.unram.ac.id/19821/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar muatan IPS peserta didik kelas V SDN 1 Ampenan Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif jenis kausal komparatif (Ex Post Facto). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Jumlah populasi penelitian ini 32 peserta didik kelas V SDN 1 Ampenan. Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert dan dokumen hasil belajar IPS peserta didik. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi sederhana, uji T, dan koefisien determinasi yang digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini yaitu nilai p-value 0.000 pada taraf signifikansi 0.05 atau 5% maka nilai p-value lebih kecil dari taraf signifikansi (0.000<0.05), (Ha diterima dan Ho ditolak) dan pada hasil analisis regresi diperoleh nilai R Square sebesar 39,6 %. Hal ini dikarenakan tingginya respon positif siswa terhadap model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dan didukung dengan adanya perubahan nilai yang signifikan dari sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar muatan IPS peserta didik kelas V SDN 1 Ampenan Tahun Ajaran 2019/2020.