PENGEMBANGAN MULTIMEDIA FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Main Author: MUHAMMAD, ARI KUSUMAWADI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/19808/1/PENGEMBANGAN%20MULTIMEDIA%20FISIKA%20BERBASIS%20PROBLEM%20BASED%20LEARNING%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20PEMEC.pdf
http://eprints.unram.ac.id/19808/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran fisika masih menggunakan metode konvensional dan belum menggunakan media yang bervariasi. Hal ini berdampak pula terhadap hasil belajar peserta didik yang rendah. Rendahnnya hasil belajar menunjukan kemampuan pemecahan masalah rendah. Sehingga perlu dikembangkan sebuah media salah satunya multimedia fisika berbasi problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan reliabilitas multimedia fisika berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Reserch and Development). Model dari penelitian ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Tahap penelitian dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (develop).Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data dianalisis dengan mencari persentase kelayakan dan reliabilitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa multimedia fisika beserta perangkat pembelajaran sebagai pendamping layak karena persentase berada antara 76%-100% dan reliabel karena persentase di atas 75%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa multimedia fisika layak untuk diuji cobakan pada peserta didik SMA kelas XI.