PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN MATERI POLA BILANGAN, BARISAN DAN DERET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX-2 SMP NEGERI 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Main Author: | DEWI, WINDHU SARI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1891/1/SKRIPSI%20FIX-min.pdf http://eprints.unram.ac.id/1891/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX-2 SMP Negeri 4 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran materi pola bilangan, barisan, dan deret melalui penerapan model Kooperatif tipe TGT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek 30 siswa, yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan skor aktivitas pada siswa siklus I yakni sebesar 8,66 (cukup) dan 11,98 (tinggi) dan pada siklus II yakni sebesar13,32 (tinggi) dan 13,98 (sangat tinggi). Sementara rata-rata hasil evaluasi yakni 77,79 (siklus I) dan 86,27 (siklus II) dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus sebesar 62 % dan 90 %. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif tipe Teams Games Tournament pada pembelajaran materi pola bilangan, barisan, dan deret dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas IX-2 SMP Negeri 4 Mataram tahun pelajaran 206/2017.