PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI POKOK LINGKARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs PUTRI AL-AZIZIAH GUNUNGSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | SULASTRI, SULASTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1890/1/SKRIPSI%20SULASTRI%20%28%20E1R112076%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/1890/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII MTs putri Al-Aziziah gunungsari tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok lingkaran dengan penerapan Model Project Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 Siklus. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 22 dan pertemuan 2 adalah 23 dengan kategori sangat aktif. Kemudian skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 20 dan pertemuan 2 adalah 25 dengan kategori sangat aktif. Serta skor aktivitas siswa pada siklus III pertemuan 1 adalah 27 dengan kategori sangat aktif dan telah mencapai skor maksimal dan pertemuan 2 adalah 27 dengan kategori sangat aktif tetap stabil. Untuk nilai rata-rata siswa yang merupakan hasil belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I, siklus II dan siklus III berturut-turut adalah 54,25 , 63,75 , 76,4 dengan urutan ketuntasan klasikal 44,4 %, 57,69 %, 88 %. Melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Project Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs putri Al-Aziziah Gunungsari tahun pelajaran 2015/2016.