ANALISIS TEGANGAN PADA TEROWONGAN PENGELAK BENDUNGAN BERINGIN SILA
Main Author: | ANDREANNISA, ELSHINTA RACHMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/18602/1/NASKAH%20TUGAS%20AKHIR%20ADEL.pdf http://eprints.unram.ac.id/18602/ |
Daftar Isi:
- Terowongan Beringin Sila merupakan saluran pengelak pada Bendungan Beringin Sila yang konstruksinya menggunakan metode blasting. Metode blasting akan memengaruhi massa batuan di sekitar terowongan, sehingga dapat menyebabkan perubahan tegangan dan terganggunya kestabilan batuan. Oleh karena itu, analisis tegangan diperlukan untuk mengetahui kondisi batuan saat konstruksi terowongan serta untuk memilih jenis penyangga yang tepat dan aman. Pada penelitian ini dilakukan analisis tegangan pada terowongan pengelak Bendungan Beringin Sila dengan menggunakan perhitungan analitik. Hal yang dianalisis yaitu distribusi tegangan radial, tegangan tangensial, dan tegangan geser pada bagian dinding, atap, dan lantai terowongan. Hasil dari perhitungan tegangan kemudian dibandingkan dengan kekuatan massa di sekitar terowongan untuk mengetahui angka aman dari terowongan tersebut pada saat konstruksi. Berdasarkan hasil analisis, nilai tegangan maksimum pada masing-masing sisi terowongan (inlet, tengah, dan outlet) berada pada titik C (dinding terowo- ngan). Pada titik C didapatkan nilai tegangan tangensial sebesar 0,56 MPa untuk sisi inlet, 1,10 MPa untuk sisi tengah, dan 0,86 MPa pada sisi outlet. Dengan membandingkan nilai tegangan maksimum dengan kuat massa batuan berdasarkan persamaan Hoek-Brown, didapatkan nilai safety factor kurang dari 1,5 (<1,5) sehingga sisi terowongan dikategorikan tidak aman. Hal ini menunjukkan bahwa massa batuan akan mengalami keruntuhan saat konstruksi terowongan, sehingga membutuhkan penyangga untuk mencegah keruntuhan tersebut.