PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT DI KELAS X JURUSAN TATA NIAGA SMK NEGERI 1 MATARAM

Main Author: ZAENUDIN, AHMAD
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1855/1/SKRIPSI%20_AHMAD%20ZAENUDIN.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1855/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini melihat dari kenyataan di dalam kelas, di mana siswa tidak bisa mengerjakan tugas teks anekdot dengan baik karena siswa hanya terpaku dengan contoh dan penjelasan yang diberikan oleh guru tanpa mereka mengembangkan materi yang telah diberikan. Semua itu disebabkan oleh pembelajaran yang masih dikatakan sebagai pembelajaran yang konvensional atau lebih dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa dalam menulis teks anekdot di kelas X jurusan tata niaga SMK Negeri 1 Mataram. Penelitian ini merupakan Penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument soal pilihan tunggal dan uraian untuk mengukur hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Hasil penelitian menunjukkan nilai thitung (4,31) > ttabel (2,000) pada taraf signifikan 5%. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol.