PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAYTERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWAKELAS V GUGUS 3 KECAMATAN PUJUT TAHUN PELAJARAN2019/2020

Main Author: SAZALIN, MARTANAMI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/18176/1/SKRIPSI%20BISMILLAH%20SAZALIN%20%28%20REVISI%20FIKS%20%29-dikonversi%20%281%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/18176/2/SKRIPSI%20BISMILLAH%20SAZALIN%20%28%20REVISI%20FIKS%20%29-dikonversi%20%281%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/18176/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang variasi guru dalam menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dan berakibat pada rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini mengguanakan Teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel 54 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas diberikan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal siswa, kemudian masing-masing kelas diberikan perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model Course Review Horay sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan selanjutnya setiap kelas diberikan post-test. Hasil uji hipotesis yang menggunakan t-tes dengan bantuan SPSS versi 18menunjukkan ada Pengaruh Model Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V Gugus 3 Kecamatan Pujut tahun pelajaran 2019/2020, dengan hasil 3,612 > 2,007pada taraf signifikasn 5%. Sesuai dengan kaidah pengambilan keputusan uji hipotesis bahwa thitung >ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak.Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti maka peneliti mendapatkan hal-hal baru yang positif seperti hasil belajar siswa meningkat, siswa lebih aktif dan senang belajar karena ketika pembelajaran berlangsung diselingi dengan permainan yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dikelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan model konvensional.