PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISSIONS) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS III SDN 2 SESELA TAHUN AJARAN 2016/2017

Main Author: SURIANTI, SURIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/1788/1/skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/1788/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang mampu bekerjasama dan berpartisipasi dengan baik. Hal ini menyebabkan rendahnya kerjasama dan prestasi belajar siswa. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 2 Sesela. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah metode kooperatif STAD yang dilakukan dalam 2 siklus. Siklus I menunjukkan bahwa data rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 12,65 berkategori cukup aktif dan kemampuan kerjasama siswa cukup baik, sedangkan pada siklus II data ratarata aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 18,25 berkategori sangat aktif dan kemampuan kerjasama siswa meningkat. Kemudian, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 70,4 dan 80,8. Pada siklus I persentase peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 68%, dikarenakan pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar sebesar 85% maka ditingkatkan pada siklus II, kemudian pada siklus II persentase hasil belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan yaitu 88%. Hal ini menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan yang ingin dicapai yakni 85% siswa mendapat nilai minimal 75 pada tes evaluasi dan aktivitas siswa sudah mencapai indikator yang diharapkan sudah terpenuhi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Divissions) dapat meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar IPS siswa kelas III SDN 2 Sesela Tahun Pelajaran 2016/2017